Wisata Ziarah Cirebon yang Bisa Dikunjungi - Pesona Wisata Cirebon

Wisata Ziarah Cirebon yang Bisa Dikunjungi

Wisata Ziarah Cirebon – Cirebon adalah kota dan salah satu kabupaten di provinsi Jawa Barat. Cirebon adalah kota mandiri terbesar kedua setelah ibukota Jawa Barat, Bandung. Cirebon juga merupakan kota terbesar keempat di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya dan Semarang. Kota ini juga terdapat salah satu makam Walisongo sehingga sering menjadi tujuan Wisata Ziarah Cirebon.

Siapakah salah satu wali songo yang makamnya ada di Cirebon? Dan mana sajakah wisata religi yang bisa dikunjungi di kota Cirebon ini? Berikut adalah ulasannya.

wisata ziarah cirebon

Wisata Ziarah Cirebon

Pada abad ke 13 Kota Cirebon ditandai oleh kehidupan tradisionalnya dan pada tahun 1479 itu tumbuh dengan cepat ke pusat dan Kerajaan penyebaran Islam, khususnya di Jawa Barat. Setelah Belanda menjajah, mereka membangun jaringan jalan raya tanah kereta api dan dengan demikian mempengaruhi perkembangan industri dan perdagangan.

Cirebon memiliki empat istana kerajaan di kota di tempat yang sama, yaitu : Kraton Kasepuhan, Kraton Kanoman, Kraton Kacirebonan dan Kraton Kaprabonan.

Istana-istana itu memiliki campuran elemen arsitektur budaya Islam, Cina, dan Belanda. Istana selalu menghadap ke utara dan ada masjid di dekatnya. Setiap istana memiliki alun-alun sebagai tempat berkumpul, pasar dan patung harimau di taman atau di halaman depan sebagai simbol Raja Siliwangi, yang merupakan pendirian tokoh-tokoh sentral Cirebon.

makam sunan gunung jati cirebon jawa barat

Tempat Wisata Ziarah di Cirebon

Nah, jika Anda ingin berwisata religi, maka Anda bisa kunjungi tempat-tempat di bawah ini :

1. Makam Sunan Gunung Jati

Makam Sunan Gunung Djati ini bisa Anda temukan di Jl. Alun-alun Astana Gunung Jati No 53, Astana, Gunungjati, Astana, Gunungjati, Cirebon. Makam ini sangat ramai dikunjungi oleh para peziarah dan tidak pernah sepi karena buka selama 24 jam.

Untuk bisa masuk ke makam ini Anda harus melewati tangga yang banyak sekali dan berliku. Anda juga akan menjumpai banyak makam. Adapun  makam Sunan Gunung Djati terletak di tingkat sembilan. Uniknya, makam Sang Sunan memilik sembilan pintu gerbang yang masing mempunyai nama : Pintu Gapura, Pintu Krapyak, Pintu Pasujudan, Pintu Ratnakomala, Pintu Jinem, Pintu Rararog, Pintu Kaca, Pintu Bacem dan Pintu Teratai.

2. Masjid Merah Panjunan

Masjid Merah Panjunan terletak di sudut jalan di Desa Panjunan. Dibangun pada tahun 1480 oleh Maulana Abdul Rahman atau  Pangeran Panjunan yang merupakan murid Sunan Gunung Jati. Pangeran Panjunan membangun masjid Merah di Cirebon dan masjid inipun menjadi salah satu wisata budaya dan religi di kota Cirebon.

tempat keramat di cirebon

3. Masjid Agung Cirebon

Salah satu dari dua masjid tertua di Indonesia dengan pemandangan yang bagus adalah Masjid Agung Cirebon. Tempat ibadah ini sudah ada sejak abad ke-15 dan juga dikenal sebagai Masjid Agung Cirebon dan dibangun sekitar tahun 1480.

Masjid Agung Cirebon terletak di Kabupaten Jawa dan terletak di dekat area kota atau alun-alun kota. Tempat ibadah ini dibangun karena ajaran Islam sedang disebarkan oleh salah satu dari Wali Songo yang menyebarkan Islam di nusantara ini. Masjid ini memiliki pemandangan yang sangatindah dan memungkinkan orang-orang non-Muslim boleh masuk.

Masjid  Agung mudah dijangkau dengan transportasi umum karena terletak di pusat kota atau di Jl. Jagasatu, Kesepuhan, Lemahwungkuk, Kota Cirebon. Nah, jika Anda ingin melakukan wisata ziarah Cirebon dan wisata budaya, Anda bisa menggunakan jasa tour and travel dari kami yang siap mengantarkan Anda kapan saja.

Info & Reservasi :
Phone : 0231 8808846
Mobile : 085 2222 00054
Email : pesonawisatacirebon@gmail.com
Fanspage Facebook : Pesona Wisata Cirebon
Instagram : @pesonawisatacirebon
Twitter : @pesonawisatacrb
Website : www.pesonawisatacirebon.com
Info : www.wisatacirebon.info

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *